Al-Hadits

Dari Mush’ab bin Sa’id -seorang tabi’in- dari ayahnya, ia berkata,
“Wahai Rasulullah, manusia manakah yang paling berat ujiannya?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

“Para Nabi, kemudian yang semisalnya dan semisalnya lagi. Seseorang akan diuji sesuai dengan kondisi agamanya. Apabila agamanya begitu kuat (kokoh), maka semakin berat pula ujiannya. Apabila agamanya lemah, maka ia akan diuji sesuai dengan kualitas agamanya. Seorang hamba senantiasa akan mendapatkan cobaan hingga dia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih dari dosa.” [ HR. Tirmidzi no. 2398, Ibnu Majah no. 4024, Ad Darimi no. 2783, Ahmad (1/185). Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 3402 mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

Mengapa Anak-Anak Suka Menangis?



Sering kali para orang tua mungkin akan berusaha sekuat tenaga untuk meredam atau menghentikan tangisan anak-anaknya. Apakah itu dengan di gendong, di kasih mainan, ataupun kadang di bentak. Tapi apakah anda menyadari hikmah yang tersembunyi dibalik tangisan anak itu?

Sekarang coba lihat hikmah mengapa anak-anak suka menangis, manfaat apa yang tersembunyi di balik itu! Para ahli medis dan ahli anatomi tubuh telah mengungkap kegunaan dan hikmah mengapa anak-anak suka menangis. Mereka berkata : Pada otak anak kecil terdapat cairan yang apabila terus mendekam dalam otak mereka akan menyebabkan kerusakan dan akibat yang buruk. Menangis dapat menyedot cairan dari otak mereka. Dengan begitu otak mereka akan kuat dan sehat.

Demikian pula menangis dan merengek dapat melegakan saluran pernapasannya dan membuka serta melancarkan saluran keringatnya. Dengan begitu urat syarafnya menjadi kuat. Sering kali kita lihat manfaat dan mashlahat menangis dan menjerit bagi anak kecil, biasanya menangis itu penyebabnya adalah rasa sakit yang mengganggu. Mungkin itu saja anda tidak tahu hikmahnya atau barangkali tidak pernah terlintas dalam benak anda. Begitulah, rasa sakit yang di derita anak kecil, tangisannya, sebab-sebabnya dan hikmah kegunaannya ternyata masih samar atas kebanyakan manusia. Mereka belum dapat memastikan apa hikmah dibalik itu, tiap-tiap orang mengemukakan pendapatnya masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar